Tips Sahur agar Kuat Puasa Seharian

Agar kuat dalam menjalankan puasa, tentunya nutrisi saat sahur harus diperhatikan. Nah, apa saja makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur? Bagaimana cara sahur yang sehat? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengonsumsi Protein
mengonsumsi protein yang baik, seperti ayam tanpa kulit, ikan, serta produk susu rendah lemak. Protein berguna untuk mempertahankan rasa kenyang yang lama.

2. Konsumsi Karbohidrat Kompleks
Menu sahur sehat harus terdiri dari karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga tubuh akan mendapatkan energi untuk waktu yang lama dan Anda tidak akan mudah lapar. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, dan oat.

3. Masukkan Sayur dan Buah ke Dalam Menu
Selain karbohidrat kompleks, saat sahur juga disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Karena banyak mengandung serat, konsumsi buah dan sayur dapat membantu mempertahankan rasa kenyang dan mencegah terjadinya konstipasi.

4. Penuhi Kebutuhan Air dan Mineral Tubuh
Air adalah komponen penting yang tidak boleh terlewatkan saat sahur. Air diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya, sehingga Anda menjadi lebih berenergi atau tidak mudah lemas saat berpuasa.

Jadi, minumlah air yang cukup saat sahur guna mencegah dehidrasi yang sering terjadi saat berpuasa. Hindari air yang mengandung gula seperti jus kemasan atau minuman bersoda karena konsumsi secara berlebihan akan menaikkan berat badan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *